Menengok bus tingkat jakarta tempo doeloe

Peristiwa yang merupakan bidang musim dulu nyata-nyatanya tidak melulu hilang ditelan era. Tidak jarang histori kembali terulang, walaupun dgn trik tidak serupa. Contohnya kedatangan sewa bus pariwisata tingkat wisata yg sekarang melaju di jalanan ibu kota, nyatanya yakni pengulangan dari musim lalu.

Bagi mereka yg pernah naik-turun angkutan umum di jakarta kepada era 1980-an & 1990-an, tentu sempat merasakan naik bus tingkat. Kendati cuma menjajal trayek tertentu, keberadaan sewa bus pariwisata tingkat atau double decker sempat mewarnai pemandangan jalanan di ibu kota.

Bus tingkat hadir di indonesia mula-mula kali thn 1968 yg dibuat leyland, pabrikan bus & truk dari inggris. Kategori bus tingkat mula-mula di indonesia ialah leyland titan bersama kode pd3-11.

Leyland titan hadir bersama bahan fiberglass & kaca lengkung buat menambah area pandangan pengemudi dgn mesin berada di bidang depan bus. Postur bus ini sepanjang 9 meter, lebar 2,5 meter, pula bobot yg terbilang berat, yaitu 14 ton.

Awalnya bus tingkat ini melayani rute blok m-salemba-pasar senen terhadap masa 1968-1982 yg dioperasikan perusahaan pengangkutan djakarta atau ppd.

Ahun 1983, muncullah generasi ke-2 bus tingkat di indonesia yg tetap berasal dari pabrikan lelyland. Thn itu, pemerintah indonesia mendapat hibah sebanyak bus tingkat leyland yg serta-merta dikirim dari inggris, yg sebahagian lagi secon diperlukan singapura.

Bus tingkat generasi ke-2 bernama leyland atlantea ini bisa menampung penumpang sampai 106 orang. Panjangnya 10,2 meter & telah memakai system power steering supaya manuver bus lebih apik ketimbang “kakaknya”, leyland titan.

Terhadap bus tingkat generasi ke-2 ini, pintu terhadap bus telah automatis dgn terhubung & menutup sendiri. Persebaran leyland atlantea tak cuma di ibu kota, dikarenakan serta beroperasi di kota-kota gede di indonesia seperti surabaya & semarang.

Bila di jakarta pengoperasiannya konsisten dipegang ppd, di luar jakarta, tepatnya di semarang & surabaya dipegang perum damri (djawatan angkutan motor republik indonesia).

Tidak hanya leyland, kepada dekade awal 1990-an armada bus tingkat di jakarta pula dipasok merk asal swedia, ialah volvo seri b55. Bus tingkat ini punyai panjang 11, 83 meter, lebih panjang & miliki kapasitas penumpang lebih tidak sedikit dibanding bus tingkat leyland atlantea.

Keseluruhan ada 180 satuan bus yg dipesan oleh kementerian perhubungan lalu( departemen perhubungan) dgn harga rupiah 80 juta per satuan. Bus volvo b55 ini didatangkan dengan cara completely knock down (ckd) dari inggris, setelah itu dirakit di indonesia oleh pt ismac selaku importir volvo terhadap musim itu. Ckd yakni kendaraan bermotor kategori mobil & motor yg didatangkan ke indonesia atau diimpor dalam kondisi terpisah dgn komponen yg kumplit buat setelah itu dirakit di dalam negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *